Tips Membuat Rumah Tahan Banjir Dengan Budget Minimalis

22.36

Memasuki musim penghujan laksana ini, ancaman banjir memang tidak jarang kali menghantui, lagipula pada wilayah yang sering menjadi langganan banjir, ketika banjir menerjang urusan yang sangat dikhawatirkan ialah keselamatan empunya rumah dan rusaknya sejumlah bagian dari rumah.

Jika memang kita tidak memiliki tidak sedikit biaya guna merenovasi rumah, sebetulnya ada tidak sedikit cara yang dapat dilaksanakan untukmenangkal air banjir masuk ke dalam rumah, salah satunya denganmengerjakan hal inilah ini :

Membuat Tanggul

Sebenarnya urusan utama yang dapat dilaksanakan untuk menangkal banjirialah merenovasi lokasi tinggal dengan mendongkrak lantai, namunandai Anda tidak mempunyai cukup ongkos untuk melakukannya Anda dapat membuat tanggul di depan teras atau pintu masuk rumah. Tanggul tersebutdapat berupa papan yang dipaku atau tumpukan karung-karung pasir. Denganmenciptakan tanggul ini Anda bisa menghalau air saat banjir datang.

Cek Saluran Pembuangan

Nah, supaya air tidak tergenang ketika hujan datang, telah selayaknya Anda mengecek saluran pengasingan air di rumah, cek dengan cermat apakah di dalam got ada sampah yang bisa menyumbat pergerakan air.

Membuat Biopori

Salah satu penyebab banjir ialah air permukaan yang tidak meresap ke dalam tanah, maka guna mempermudah air masuk ke dalam tanah, Anda dapat membuat lubang biopori. Biopori ialah lubang lubang-lubang kecil yangdiciptakan di dalam tanah. Fungsinya guna mengoptimalkan daya serap air,seringkali biopori diciptakan di halaman rumah.

Cara untuk menciptakan biopori sebenarnya paling sederhana. Pertama Andamesti menciptakan lubang dengan kedalaman 100 cm, lantas isi lubang dengan sampah organik atau saldo tanaman. Agar powerful mulut lubangdiserahkan semen 2-3 cm dengan tebal 2 cm. Biaya untuk menciptakan biopori sendiri selama Rp 200 ribu.

Menanam Tanaman Penyerap Air

Menanam tumbuhan penyerap air juga dapat dijadikan penyelesaian untuk mengurangi akibat banjir, ada sejumlah jenis pohon yang dikenal bisa menyerap air dengan baik yaitu pohon bambu, pohon jati, rumput akar wangi, mahoni, jabon, asam jawa, sampai palem putri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.