Mau Memotret Super Blue Blood Moon? Ini Triknya!

02.57

Akan terdapat peristiwa spesial yakni gerhana bulan total di Indonesia. Gerhana Bulan akan dibuka pukul 18:48 WIB, Indonesia Tengah kebagian pukul 19:48 WITA, dan Indonesia Timur pada pukul 20:48 WIT.

Untuk masa-masa Indonesia Barat, selama pukul 19.52 WIB hingga 21.08 WIB Bulan bakal menjadi gelap kemerahan yang diakibatkan olehpenyimpangan cahaya Matahari oleh atmosfer Bumi. Proses gerhana akanselesai pukul 22.11 WIB.

Gerhana ini istimewa sebab terjadi pada ketika Bulan dekat dengan Bumi,sampai-sampai disebut pun gerhana Supermoon, tapi dapat juga dinamakan Blood Moon sebab tampak laksana merah darah.

Tentunya, gejala ini unik untuk peminat fotografi mengabdikan momen langka tersebut. Berikut tips dan trik guna memotret gerhana Supermoon ini.

Persiapan

1. Gunakan tripod yang kokoh sebab kita bakal mengunakan shutter speed yang relatif lambat.

2. Bagi memotret Bulan yang besar menyeluruh dengan detailnya,diperlukan lensa telefoto yang relatif panjang, dengan jarak fokusseharga 400mm atau lebih. Kamera prosumer / superzoom yang seringkali mempunyai zoom lebih dari 20x juga lumayan efektif guna memotret bulan.

3. Supaya exposure bulan tidak terlalu cerah dan tampak detail, mengunakan penataan spot metering seringkali akan lebih baik sebab kamera bakal menghitung langsung di permukaan cahaya bulan dan tidak terpengaruh dengan cahaya langit yang gelap.

Setting kamera

1. Memotret bulan yang terang seringkali membutuhkan setting 1/125 detik, f/11 dan ISO 100 atau 200. Saat mulai gerhana, setting ini masih dapatdipakai dan beberapa permukaan bakal gelap.

2. Tapi bila hendak mendapat rinci bagian bulan yang gelap, shutter speed mesti lebih lambat dan ISO lebih tinggi agar bagian yang gelap lebih cerah lagi.

3. Saat bulan mulai agak gelap dan mengunakan lensa telefoto yang panjang, shutter speed tidak boleh terlampau lambat. Contohnya andai mengunakan lensa 300mm, maka shutter speed jangan di bawah dua detik. Jika hasil gambar masih gelap, ISO dapat dinaikkan. Jika tidak, Bulan bakal terlihat tidak tajam dampak rotasi Bumi.

Saat memotret

1. Fokus adalahhal yang urgen untuk meyakinkan Bulan tampak tajam. Diketika terang Bulan, gampang untuk mengunci konsentrasi seperti biasa, tapi ketika gelap agak sulit. Maka itu, guna meyakinkan konsentrasi tepat, kita dapat mengunakan manual konsentrasi dan mengunakan live view (layar LCD kamera) supaya konsentrasi benar-benar akurat. Jika masih sulit, usahakanlah fokus ke jarak yang jauh atau infinity. Setelahkonsentrasi telah didapatkan, maka anda tidak perlu mengubah-ubahkonsentrasi lagi.

2. Bagi meyakinkan ketajaman foto, gunakanlah cable release atau remote, supaya anda tidak perlu menyentuh tombol shutter dan menggoyang kamera saat memungut gambar. Jika mengunakan kamera DSLR, gunakan faedah mirror lock up (M-up) agar hentakan cermin tidak menggetarkan kamera.

Demikian tips dan trik yang dapat dibagikan kali ini. Selamat memotret,tidak boleh lupa guna hasilnya ditag ke Instagram , karenapotret yang bagus dapat mejeng tulisan . Selamat mencoba!

Enche Tjin aktif dalam mencatat dan mengadakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche pun menerima jasa fotografi khususnya event dan portrait. Ia juga terafiliasi dengan infofotografi.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.