Perempuan Jadi Lebih Gemuk Saat Menstruasi, Ini Alasannya

17.01


Menstruasi tidak jarang diiringi dengan situasi dan simtom yang tidak menyenangkan. Kram perut, pegal-pegal, dan keadaan hati yang burukseringkali simtom langganan ketika datang bulan. Di samping itu, tidak sedikit perempuan merasa jadi lebih gemuk ketika menstruasi. Kenapa ya?

Jangan khawatir, andai berat badan anda meningkat selama satu minggu sebelum tanggal menstruasi, itu melulu karena berat air, jelas Raquel Dardik, MD, ginekolog dari NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat.

"Berat badan meningkat terjadi lima hari sebelum menstruasi, tapi bakal kembali normal begitu datang bulan dimulai," jelasnya, melansir Shape, Senin (14/5/2018).

Berat air pra-menstruasi bervariasi, mulai dari separuh sampai 5 kg. Rata-rata peningkatannya selama 3 kg, jelas Dardik lagi.

Kenapa? Penyebabnya sebab hormon progesteron. Saat bayi tidak terdapat (alias saat anda menstruasi), kadar progesteron menurun. Efek sampingnya,masing-masing sel di tubuh jadi menyimpan ekstra air, jelas Dardik lagi.

Walau urusan ini terkadang tidak menciptakan berat badan naik, kembungdampak gas dapat memperburuk kondisi menstruasi, sehingga anda jadi merasa paling gemuk.

Bisa Dilawan

Efek samping ini dapat kamu lawan seperti teknik kamu melawan semuakeunggulan berat badan lainnya yaitu dengan berolahraga.

Lalu, minumlah tidak sedikit air untuk menolong menyingkirkan penyimpanan air dalam sel, lanjut Dardik.

Coba pun untuk menghindari makanan berlemak, alkohol, dan garam. Ketiga jenis makanan ini, kata Dardik, dapat memicu tubuh guna semakinmenyangga air.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.