Mudahnya Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

09.32
Sudah menjadi kewajiban bagi para peserta BPJS Kesehatan, utamanya para peserta BPJS mandiri dan peserta BPJS PPU (Peserta Penerima Upah) untuk membayar iuran bulanan. Besarnya iuran pun disesuaikan terhadap kelas BPJS yang dipilih, dan pembayaran harus dilakukan selambat-lambatnya tanggal 10 bulan setiap bulannya. Adanya layanan BPJS Kesehatan online saat ini semakin menekan jumlah peserta yang telat membayar iuran karena kemudahan yang ditawarkan.

Hindari Tunggakan, Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online Secara Berkala

Untuk saat ini keterlambatan bayar iuran dibawah 3 bulan, kartu BPJS masih dapat digunakan meskipun tercatat ada tunggakan. Apabila peserta tak kunjung melakukan pembayaran baik ke kantor resmi atau membayar BPJS Kesehatan online, maka kartu kepesertaan akan terblokir dan tidak dapat digunakan sebelum seluruh tunggakan dilunasi berikut dendanya. Apabila peserta tetap tidak membayar tunggakan tersebut, maka jumlah nominal tunggakan akan tetap diakumulasikan oleh sistem.

Kasus yang umum terjadi adalah ada peserta yang membayar iuran BPJS secara rutin, namun di luar dugaan ternyata saat ingin menggunakan layanan, kartu BPJS terblokir atau menunggak. Ada pula sejumlah peserta yang sengaja menghindari pembayaran iuran dan membiarkan kartunya diblokir, pada saat membutuhkan layanan BPJS mereka direpotkan oleh cara mengaktifkan kembali. Sebenarnya kondisi semacam ini dapat dihindari dengan cara rutin memeriksa tagihan BPJS Kesehatan online. Cara online akan lebih mudah dan praktis untuk memastikan tidak ada masalah.

Tak dapat dipungkiri memang ada peserta yang cukup lama mengabaikan kewajiban membayar iuran dan suatu ketika memeriksa berapa jumlah tagihan BPJS yang tak pernah dibayarkannya. Ada pula peserta yang ingin sekedar meastikan bahwa pembayaran yag dilakukannya setiap bulan benar-benar diterima dan tidak ada masalah dengan kepesertaan BPJS nya. Untuk memudahkan memeriksa tagihan BPJS Kesehatan online dan sms gateway.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online via website:
  • Akses ke laman web agen BPJS Kesehatan 
  • Ketikkan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan Anda (ada di kartu BPJS) 
  • Selanjutnya sistem menampilkan rincian tagihan BPJS Kesehatan Anda secara otomatis 
Selain dari website agen, Anda juga dapat melakukan periksa tagihan BPJS Kesehatan lewat situs resmi dari BPJS Kesehatan. Cara yang digunakan kurang lebih sama dengan cara yang diterapkan pada web agen. Berikut ini cara meminta tagihan BPJS Kesehatan online di web resmi:
  • Kunjungi situs cek bayar tagihan BPJS yang ada di laman resmi bpjs-kesehatan.go.id 
  • Selanjutnya memasukan entry antara lain No. Kartu BPJS, tanggal lahir sesuai yang tertera di kartu dan kerjakan captcha untuk verifikasi Anda bukan robot 
  • Setelah setiap data terisi dengan benar tekan tombol “Cek”, selanjutnya sistem melakukan proses pemeriksaan tagihan dan tunggu hingga proses selesai dan data ditampilkan 
  • Dalam tampilan data yang ditunjukkan, Anda dapat mengetahui data yang berhubungan dengan akun tersebut, antara lain Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Kepesertaan, Jenis Peserta, Jumlah Anggota Keluarga, Informasi Tagihan, Denda berikut Total Tagihan serta tanggal terakhir untuk melakukan pembayaran 
Dengan memahami cara cek tagihan BPJS Kesehatan online di atas, ada dapat mengetahui tagihan yang harus dibayarkan, memeriksa status pembayaran atau untuk memeriksa status kepesertaan Anda aktif atau tidak. Apabila ada tunggakan, status kepesertaan pun menjadi nonaktif namun apabila tidak ada tunggakan, maka status kepesertaan terlihat dalam status aktif.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.