Mengenal Fungsi Rem ABS Pada Mobil

23.07

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan saat mengendarai mobil adalah sistem pengereman di mobil Anda. Karena, pengereman merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan saat mengendarai mobil. Selain itu, saat ini teknologi pengereman mobil juga mulai berubah dengan dikenalkannya sistem ABS yang digunakan di banyak mobil saat ini. Mari mengenal fungsi rem ABS (Anti Lock Braking System) yang ada di banyak mobil matic melalui ulasan berikut ini : 

Sensor kecepatan 

Pada umumnya, sistem ABS pada pengereman mobil memiliki sensor kecepatan. Sensor ini bertujuan untuk membaca kecepatan putaran roda ketika Anda mengendarai mobil tersebut. Sehingga, Anda dapat mengetahui kecepatan dengan adanya fitur ABS di sistem pengereman mobil Anda. 

Katup pengereman 

Pada sistem ABS, terdapat katup yang ada di jalur minyak rem pada sistem pengereman mobil. Setidaknya terdapat 3 katup yang ada pada sistem ABS dan bertujuan untuk mendapatkan sistem pengereman terbaik ketika Anda mengendari mobil yang memiliki sistem pengereman ABS. Jadi, Anda kan terlindungi dengan sistem pengereman yang baik di mobil Anda. 

Pompa 

Selain katup, terdapat pula pompa pada sistem pengereman yang menggunakan sistem ABS. Pompa ini bertujuan untuk mengembalikan tekanan pada jalur pengereman kembali setelah dilepaskan oleh katup rem. Sehingga, sistem pengereman dapat berjalan dengan baik dan pengemudi mobil pun dapat terlindungi. 

Kontroler 

Inilah bagian yang merupakan otak dari sistem pengereman ABS. Kontroler pada sistem pengereman ABS bertujuan untuk mengendalikan katup serta mengolah data yang didapat oleh sensor kecepatan. Sehingga, sistem pengereman ABS akan terasa lebih canggih dibandingkan sistem pengereman biasa yang membuat mobil dengan sistem pengereman ini sangat aman untuk digunakan. 

Itulah berbagai hal yang perlu Anda ketahui seputar sistem pengereman ABS. Pastikan Anda mengetahui cara perawatan rem ABS agar dapat menjaga sistem pengereman ini dalam kondisi terbaiknya. Sehingga, Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman berkat hadirnya sistem pengereman ABS di mobil Anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.