Cara Mengatasi Muntah Pada Anak

06.30

Muntah pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal dan para orang tua harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Beberapa faktor penyebab yang seringkali menyebabkan anak muntah diantarnya adalah alergi makanan, keracunan, flu, demam hingga tifus. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi muntah pada anak : 

· Konsumsi Cairan Sedikit Demi Sedikit 

Pada saat seseorang muntah, cairan dalam tubuh tentunya ikut keluar. Cara mengatasi agar tidak terjadi kekurangan cairan adalah dengan memberikannya sedikit demi sedikit. Setelah muntah, tunggulah sekitar 30 menit dan barulah berikan minuman. Perlu diperhatikan bahwa pemberian minum harus sedikit dan hindari meminum banyak cairan karena perut masih belum siap. 

· Berikan Antasida 

Antasida merupakan golongan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi mual pada berbagai kalangan usia. Berikan dosis obat antasida pada anak apabila ia mengalami keluhan nyeri pada perut bagian atas. Antasida akan bekerja untuk menetralkan asam lambung. Berbeda lagi jika seorang anak terkena luka bakar knalpot, maka berikanlah obat luka bakar kena knalpot yang bagus. 

· Konsumsi Makanan Halus 

Hindari pemberian makanan padat setelah anak mengalami muntah, setidaknya hingga 6 jam kedepan. Cobalah untuk memberikannya makanan halus atau yang mudah dicerna seperti bubur, roti tawar dan lain sebagainya. Hindari makanan yang dapat membuat mual atau mengganggu sistem pencernaan seperti makanan berlemak dan pedas. 

Dalam memberikan makanan tersebut, sama seperti halnya ketika memberikannya minum. Lakukan dengan bertahap dan jangan langsung banyak. Perut yang belum bekerja dengan maksimal nantinya akan menolak makanan tersebut dan justru akan muntah lagi. 

· Berikan Antihistamin 

Obat ini dapat bekerja untuk mencegah muntah ataupun mual pada saat naik kendaraan maupun muntah karena ada iritasi pada lambung. Penggunaan antihistamin pada anak harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Terlebih apabila sang anak didapati alergi pada jenis obat-obatan tertentu. 

· Hindari Bau Menyengat 

Penyebab muntah pada anak dan penanganannya sangat beragam dan terbagi menjadi beberapa tingkatan. Apabila anak Anda sudah muntah, sebaiknya hindari bau yang menyengat seperti parfum, asap rokok dan lain sebagainya. Sebaiknya tempatkan anak pada ruangan yang bersih dan sirkulasi udaranya baik untuk membantu anak agar lebih rileks.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.